Minggu, 07 Oktober 2012

" Shalat Sunnah Hajat "

         Shalat sunnah Hajat, yaitu shalat yang di kerjakan dengan tujuan supaya hajatnya di kabulkan oleh Allah s.w.t. Karena manusia mempunyai cita cita dan dapat pula berikhtiar akan tetapi pada hakekatnya Allah lah yang menentukannya.
         Berdo'a memohon supaya hajatnya di kabulkan oleh Allah akan sangat mendalam artinya bila kita sertai dengan shalat yang di sebut dengan shalat Hajat ini.
         Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

Artinya :
" Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesengguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang orang yang khusyu ".               ( Surah Al-Baqoroh ayat 45 ).
         Pada pokoknya shalat Hajat itu di kerjakan sedikitnya 2 raka'at, hingga 2 belas raka'at, dengan tiap tiap 2 raka'at 1 salam.
         Shalat Hajat boleh di kerjakan pada waktu siang hari/malam hari sesudah shalat fardhu, hanya saja yang lebih utama di kerjakan pada waktu tengah malam di sepertiga malam yang terakhir.
         Cara shalat Hajat itu seperti shalat biasa, baik bacaannya/pun gerakannya, sedang lafadh niatnya adalah :

Artinya :
" Aku berniat shalat Hajat 2 raka'at, karena Allah Ta'ala ".

          Sesudah shalat Hajat membaca do'a di bawah ini :

Artinya :
" Tiada Tuhan yang patut di sembah melainkan hanya Allah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah Tuhan Arsy yang Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Kepada-Mu aku memohon terkabulnya sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, serta memperoleh keuntungan pada tiap tiap kebaikan, dan keselamatan dari tiap tiap dosa, karena itu janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau mengampuninya dan tidak ada suatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar serta tidak pula sesuatu Hajat yang mendapatkan keridhaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Paling Penyayang dari semua Yang Penyayang ". 

                                                       ***********************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar