Jumat, 05 Oktober 2012

" Shalat Sunnah Tahajud "

      Shalat sunnah tahajud, yaitu shalat yang di kerjakan di waktu malam sesudah bangun dari tidur. Dan di sebut shalat tahajud, karena ia di kerjakan pada waktu malam sesudah bangun tidur, sekalipun tidurnya hanya sebentar.
      Adapun waktunya shalat tahajud itu sesudah shalat Isya hingga terbit fajar. Dan apabila sudah di ketahaui, bahwa waktu shalat tahajud demikian panjang, namun waktu yang paling utama adalah pada sepertiga malam yang terakhir.
      Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah s.a.w yang berbunyi :

YANZILU ROBBUNA ILAA SAMAA-ID DUNYAA HIINA YABQOO TSULUTSUL LAILIL AKHIIRI FAYAQUULU : HAL MIN DAA'IN FA ASTAJIIBU LAHU HAL MIN SAA-ILIN FA A'THIYAHU HAL MIN MUSTAGHFIRIN AGHFIRU LAHU HATTAA YATHU'AL FAJRU.
Artinya :
      " Tuhan kami turun ke langit dunia di waktu malam tinggal sepertiga yang akhir. Maka Dia berfirman : " Barangsiapa yang berdo'a kepada-Ku, pasti Ake perkenankan. Barangsiapa memohon kepada-Ku, pasti Aku beri. Dan barangsiapa memohon ampun kepada-Ku, pasti Aku ampuni ".
                                                                           ( Di riwayatkan Bukhari, Muslim, Tirmidzi dll, )
       Shalat Tahajud itu sangat di anjurkan dalam Islam agar diamalkan oleh segenap kaum Muslimin dan Muslimah di manapun mereka berada.
       Dalam Al-Qur'an, ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :
 


WA MINAL LAILI FATAHAJJAD BIHII NAAFILATAN LAKA 'ASAA AN YAB'ATSAKA ROBBUKA MAQOOMAN MAHMUUDAN.
Artinya :
       " Dan pada sepertiga malam, maka shalat tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, semoga Tuhanku mengangkat kamu pada tempat yang terpuji ".
                                                                                               ( Surah Al-Israa' ayat 79 ).
       Shalat Tahajjud sekalipun hukumnya sunnah, Rasululluh s.a.w hampir tidak pernah meninggalkan shalat ini, beliau berdiri berlama-lama dengan membaca surah-surah Al-Qur'an yang panjang-panjang, hingga kaki beliau terlihat bengkak.
       Selanjutnya, shalat Tahajjud di kerjakan d=sedikitnya 2 raka'at hingga sebanyak-banyaknya tidak terbatas.
       Adapun cara shalat Tahajjud seperti shalat biasa baik bacaannya ataupun gerakannya, sedang lafadh niatnya adalah :

USHOLLI SUNNATAT TAHAJJUDI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA.
Artinya :
         " Aku berniat shalat sunnah tahajjud 2 raka'at karena ALLAH Ta'ala ".

         Sesudah shalat Tahajjud membaca do'a di bawah ini :

Artinya :
        " Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-Mu segala puji. Engkau raja penguasa langit dan bumi. Bagi-Mu segala puji Pemencar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mu segala puji, engkaulah yang hak, dan janji-Mu adalah hak dan perjumpaan-Mu adalah hak, dan firman-Mu adalah hak, dan sorga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi adalah hak, dan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa sallam adalah hak, dan hari kiamat adalah hak.
Ya Allah kepada-Mu kami bertawakkal, kepada-Mu kami kembali, dan kepada-Mu kami rindu dan kepada-Mu kami berhukum. Ampunilah kami atas dosa-dosa yang sudah kami lakukan dan dosa yang terdahulu, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan.
Engkaulah Tuhan yang Awal ( Permulaan ) dan Akhir. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Alam semesta. Tiada daya dan kuasa melainkan kepunyaan Allah ".
                                                       ************************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar